Deskripsi: Hard disk memiliki fungsi yang penting dalam sebuah komputer. Oleh karena itu, lakukan perawatan secara konsisten supaya perangkat ini tidak cepat rusak.

Hard Disk atau hard Drive adalah salah satu komponen penting yang Ada di komputer maupun laptop. Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data.

Karena fungsinya yang sangat penting, Anda perlu mengupayakan agar hard disk awet. Untuk itu, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

Perhatikan Cara Mematikan Perangkat

Jika ingin hard Drive awet, Anda perlu mematikan komputer atau laptop secara normal. Jangan sering mematikan laptop atau komputer secara paksa. Biasanya dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

Hard Drive mungkin sedang bekerja dan piringannya berputar. Mematikan secara paksa akan membuat putarannya berhenti mendadak. Ini bisa membuat perangkat penyimpanan tersebut rusak.

Jaga dari Guncangan

Piringan hard Drive berputar dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, Anda perlu menghindari laptop dari Guncangan saat dipakai.

Ketika sedang menyala, jangan sering memindahkan posisi laptop. Begitupun dengan menggoyangkannya. Ini bisa membuat piringan HDD laptop rusak karena tidak stabil saat berputar.

Lakukan Disk Defragment

Seiring berjalannya waktu, kinerja hard Drive dapat menurun. Anda bisa melakukan Defragment untuk merawat hard Drive.

Hal ini tidak perlu dilakukan terlalu sering. Cukup saat fragmentasi telah sampai 10% saja. Sebab, melakukan defrag terlalu sering juga berpotensi mengurangi umur hard Drive.

Hindari dari Virus

Virus bisa menjadi penyebab kerusakan perangkat penyimpanan komputer dan laptop Anda. Itulah sebabnya, Anda perlu menghindari virus masuk.

Memasang antivirus adalah pilihan bagus. Anda juga perlu berhati-hati saat menyimpan berkas dari internet.

Jangan Biarkan Penuh

Saat hard Drive penuh, kerjanya akan semakin keras. Hal ini bisa memperpendek masa pakainya.

Agar itu tidak terjadi, Anda bisa rutin menghapus aplikasi dan data yang tidak diperlukan. Anda perlu memastikan agar file benar-benar terhapus, bukan pindah ke recycle bin.

Penutup

Cara merawat hard disk internal agar tidak cepat rusak sebenarnya tidak terlalu sulit. Mematikan Perangkat secara normal, melakukan defrag, hingga bersih-bersih file tidak perlu dilakukan oleh teknisi. Tetapi, Anda perlu memiliki konsistensi saat melakukannya.

Jika Anda mengikuti caranya dengan sabar, tidak perlu sering ke tempat perbaikan. Hard disk akan tetap awet dan panjang umur.

About Barry

administrator
Previous post Tips Menonton TV Online Gratis Bersama Orang Terdekat
Next post Rekomendasi 4 Kompor Induksi Berkualitas Terbaik